Fungsi Manajemen

BAB 5: FUNGSI MANAJEMEN

A. Manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno, “menagement yang memiliki arti , seni melaksanakan dan mengatur‟.
Secara etimologis, manajemen berasal dari kata manage (Inggris), Maneggiare (Italia), dan bersumber dari perkataan Latin, “manus yang berarti, tangandapat juga diartikan sebagai memimpin, membimbing, dan mengatur‟.
George R. Terry, Ph.D dalam bahan ajar nya Principles of Management menyatakan bahwa manajemen adalah pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui usaha-usaha orang-orang lain.
Harold Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bahan ajarnya Principles of Management menyatakan bahwa manajemen adalah fungsi mencapai sesuatu melalui orang-orang. 

B. Administrasi Dan Manajemen
 

Berdasarkan gambar tersebut, kita dapat mencermati beberapa hal berikut.

 1Administrasi terdiri atas organisasi dan manajemen.

 2. Inti dari administrasi adalah manajemen karena manajemen merupakan alat administrasi.

 3. Inti dari manajemen adalah kepemimpinan karena kepemimpinan merupakanmotor dari semua sumber dan alat-alat yang tersedia bagi suatu organisasi.

 4Inti dari kepemimpinan adalah pengambilan keputusan (decision making) karena kepimpinan sangat bergantung pada apa yang diputuskan olehpimpinan/manajer.

 5Inti dari pengambilan keputusan adalah hubungan antarmanusia (humanrelations), karena dalam mengambil sesuatu keputusan, pimpinan harus selalumempertimbangkan hubungan antarmanusia terutama yang ada dalamorganisasi (pimpinan dengan bawahan, dan sebagainya).

C. Fungsi-Fungsi Manajemen
Planning (Perencanaan) adalah proses menentukan apa yang ingin dicapai dan caramencapainya yang didasarkan pada metode atau logika tertentu dan rasional

Organizing (Pengorganisasian) adalah proses mengatur dan mengalokasikan tugas, pekerjaan,wewenang, dan peran-peran, termasuk koordinasi hubungan antarbagian,baik secara vertikal maupun horizontal dalam suatu struktur yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Actuating (Pelaksanaan) adalah usaha menggerakkan anggota kelompok sehingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan dan sasarananggota-anggota perusahaan tersebut karena para anggota itu juga ingin mencapai sasaran tersebut.

Resourcing (Pengaturan Sumber Daya) adalah pengaturan sumber daya dalam memfasilitasi sumberdaya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan pencapaian tujuan organisasi.

Communicating (Komunikasi) adalah mengomunikasikan semua informasi berkaitan dengantugas, fungsi, dan tanggung jawab kepada semua sumber daya yang adasehingga mereka mengetahui dan memahami tugas dan fasilitas yang merekabutuhkan dan miliki untuk mengerjakannya.
D. Tujuan Manajemen
 1. Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang kita pilih secara efektif danefisien.
 2. Mengevaluasi kinerjameninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukanberbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalampelaksanaan strategi.
 3. Senantiasa memperbaharui strategi yang kita rumuskan agar sesuai denganperkembangan lingkungan eksternal.
 4. Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahanpeluang dan ancamanpeluang yang ada.
 5. Senantiasa melakukan inovasi atas kegiatan sehingga kita hidup kita lebih teratur.   
E. Asas-Asas Manajemen
 Asas manajemen adalah penentuan kebijakan pengorganisasian kegiatan pengelolaan kantor, administrasi perkantoran, atau pekerjaan kantor. 


Komentar

  1. Kelompok 3: amega aprilia w dan amelia nur


    1.Sebutkan jenis jenis bpr?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelompok:9
      -Mirna
      -Yuyun


      -bank syariah
      -bank tapeudana
      -bank konvensional
      -bank supra
      -bank wijayamulya santosa

      Hapus
  2. Kami dari kelompok 9
    -mirna rahmawati
    -yuyun
    Apa yang dimaksud dengan taspen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami dari kelompok 4 ijin menjawab
      -Uni meilani
      -Amelia ananda

      *taspen adalah tabungan atau badan usaha pemilik negara indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun pegawai negeri sipil.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Desain/Contoh Dan Kemasan Produk Barang/Jasa

Pramuka Penegak

Struktur Organisasi